KKN Nusantara 3T Di Desa Pitay Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang



KKN Nusantara di daerah 3T (Terluar, Terdepan, Terbelakang) merupakan Program yang telah diterbitkan oleh Kementrian Agama RI, Program ini merupakan program terbaru dan unggulan, KKN Nusantara 3T diikuti oleh PTKIN Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia yang dimulai pada 11 Januari 2020 sampai dengan 14 Februari 2020 di Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Nusa Tenggara Timur.
Program KKN Nusantara 3T menggunakan Metode pendekatan Transformatif ABCD dengan mengangkat tema “Moderasi Beragama (Peace Building)”, salah satu kelompok yang ditugaskan di desa Pitay berhasil menciptakan sebuah Program Kerja dengan memanfaatkan Aset berupa SDM dan SDA yang ada di Desa Pitay, yaitu Pemberdayaan Perempuan (Produksi Jus Serai Pitay) berbasis Social-Preneur.
Program Kerja ini telah disepakati menjadi program kerja unggulan Kelompok III yang ada di Desa Pitay, yang merupakan pengembangan dari Konsep KKN Reguler STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) di Tanjung Siambang Kelurahan Dompak Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.
Program kerja Jus Serai Pitay ini dibentuk dengan metode ABCD yang berawal dari kesadaran masyarakat (kaum Mama) yang menghasilkan sebuah tindakan sehingga terbentuk Kelompok Pemberdayaan Industri Rumahan yang diberi nama Kelompok Jus Serai Pitay yang telah disahkan oleh Pemerintahan Desa Pitay dengan mengeluaran Surat Keputusan Kepala Desa Pitay Nomor: 043/07/DP/II/2020.

Pada tanggal 15 Februari 2020, KKN Nusantara 3T ditutup Oleh Gubernur NTT bapak Viktor Laiskodat di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, dalam kegiatan itu seluruh kelompok KKN Nusantara 3T mem-Presentasikan hasil KKN di desa dan kelurahan masing-masing.
Kelompok III dari Desa Pitay mem-presentasikan hasil KKN berupa Produk Jus Serai Pitay yang merupakan hasil produk dari kelompok Jus Serai Pitay, Bapak Gubernur sangat meng-apresiasi produk tersebut dengan menerima Proposal bantuan yang telah di berikan kepada Beliau pada saat Presentasi berlanjut. Beliau juga menyicipi produk JSP yang telah dihidangkan oleh anggota Kelompok III dengan wajah tersenyum, seolah-olah sedang mengatakan sebuah kata “ini sangat nikmat dan enak”.

Bapak Gubernur NTT menerima tawaran dari kelompok JSP yang disampaikan oleh mahasiswa KKN kelompok III Desa Pitay untuk mensuplai produk JSP ketika ada acara atau kegiatan di Rumah Jabatan Gubernur NTT.
Harapan besar dari kelompok III ini adalah agar Kelompok Pemberdayaan Industri Rumahan kelompok Jus Serai Pitay ini terus berlanjut sesuai dengan metode pendekatan Transformatif ABCD.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts