KKN Nusantara dengan metode Transformatif ABCD (ASSET BASED COMMUNITY-driven DEVELOPMENT


Kegiatan Pembukaan dan Pembekalan KKN Nusantara 3T dengan tema “Peace Building Mewujudkan Moderasi Beragama Dalam Membangun Indonesia Dengan Metode ASSET BASED COMMUNITY-driven DEVELOPMENT (ABCD)”. Dibuka oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Dirjend Pendis Kemenag RI bapak Prof. Arskal Salim, Ph. D. pada hari selasa 7 January 2020. Beliau memaparkan bahwa kegiatan KKN Nusantara ini adalah membangun persaudaraan antar mahasiswa dari kampus yang berbeda, membangun Netwoking, mengapresiasi dan menjiwai kolaborasi di era 4.0.
kegiatan pembukaan dan pembekalan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu tanggal 7-10 January 2020. Adapun materi mengenai pembekalan KKN Nusantara dengan metode Transformasi ABCD dijelaskan oleh bapak Fatchul Himami, M.Si dan Ibu Hernik Ferisia, M.Pd.I. materi yang disampaikan mengenai Metode KKN Transformatif ABCD, Konsep dan Prinsip-prinsip ABCD.
Pendekatan KKN Transformatif bertujuan agar masyarakat bukan sebagai obyek penelitian melainkan subyek dan research partner, yang mengedepankan partisipasi aktif komunitas untuk mengupayakan terwujudnya perubahan sosial di masyarakat.
ABCD merupakan Pendekatan dalam pengembangan masyarakat sebagai upaya yang sangat menekankan kepada kemandirian masyarakat dan pengakuan atas kekuatan dan aset yang dimiliki masyarakat, warga masyarakat difasilitasi untuk merumuskan agenda perubahan yang mereka anggap penting, mahasiswa dalam kegiatan KKN ini berperan untuk menstimulasi dan memfasilitasi masyarakat atau bisa disebut fasilitator.
Metode ABCD ini berbasis aset, berfokus pada aset yang ada didalam masyarakat, membangun dari peluang yang ada, penekanan pada asosiasi, Power berasal dari kerja sama, motivasi untuk bertindak, mimpi, tanggung jawab untuk berkontribusi, masyarakat sebagai subjek, tujuannya adalah pembangunan berbasis masyarakat dan masyarakat adalah jawabannya.
Tahapan-tahapan ABCD meliputi Inkulturasi, Discovery, Desain, Define, dan Refleksi.

Inkulturasi menjadi tahap yang sangat penting dalam kesuksesan pengembangan masyarakat dikarenakan dengan inkulturasi bisa mengurangi sikap penghindaran komunitas mitra sehingga terbangun Trut Building. Dalam tahap ini keterampilan berkomunikasi menjadi aspek yang sangat penting.
Discovery adalah proses pencarian yang mendalam tentang hal-hal positif, capaian dan pengalaman keberhasilan di masa lalu, pada tahap ini kegiatan dilakukan dapat berupa pemetaan aset dan berdasarkan informasi dari tahapan ini, komunitas perlu merumuskan mimpi bersama yang diharapkan (perumusan VISI)
Desain, setelah mengetahui aset dan mengidentifikasi peluang, komunitas yang sudah terjalin mulai merumuskan strategi, proses, dan sistem, serta membuat keputusan dan mengembangkan kolaborasi untuk mewujudkan perubahan. Dan hasil dari tahapan ini adalah terwujudnya rencana kerja yang didasarkan pada apa yang bisa dilakukan bersama berdasarkan aset yang dimiliki.
Define ini merupakan bagian acting on findings. Masyarakat akan bergerak bersama dengan menggunakan aset mereka untuk mencapai VISI yang telah di rumuskan. Rencana kerja yang telah dirumuskan pada tahapan desain akan dilaksanakan pada tahapan ini.
Refleksi, pada tahapan ini data hasil monitoring dan evaluation sangat diperlukan untuk mengidentifikasi perkembangan dan kinerja outcome guna mengetahui sejauh mana ABCD membawa damoak perubahan didalam pemberdayaan masyarakat.
Kesimpulan
KKN dengan metode transformatif ABCD adalah sebuah metode pemberdayaan masyarakat yang menjadikan masyarakat sebagai subyek untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada, serta menjadikan masyarakat yang mandiri dalam mengelola aset dan potensi lokal, peran mahasiswa didalam metode KKN Transformatif ABCD ini adalah sebagai fasilitator didalam pemberdayaan masyarakat. Terlepas dari prosesnya,  mahasiswa dituntut untuk mampu berbaur dan melebur didalam masyarakat guna meng identifikasi aset dan potensi yang dimiliki masyarakat atau disebut inkulturasi, inilah salah hal yang sangat penting dalam KKN Transformatif ABCD.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts