H ke-5 KKN Nusantara 3T tahap Inkulturasi dan Discovery

Rabu (05-01-2020) adalah H ke-5 sejak KKN dimulai, kelompok 3 di desa Pitay pergi melayat kesalah satu rumah warga yang sedang berduka cita Dikarenakan ada yang meninggal dunia.
Untuk melanjutkan discovery kelompok 3 dibagi menjadi 3 tim. 1 tim terdiri dari 3 orang, ilham, faisal dan indah dijadikan 1 tim untuk melakukan kunjungan kerumah Dusun1, Rt, Rw, dan masyarakat  yang ada dikawansan dusun 1 sekaligus mensurvei aset yang ada (Discovery). Ini dilakukan sekitar pukul 14.00 WITA Setelah sampai dirumah bapak Dusun 1, tim disambut oleh bapak Bernabas selaku kepala Dusun 1. Tim memberikan beberapa pertanyaan kepada bapak Bernabas mengenai jumlah Rt dan warga beserta penghasilan yang ada di dusun 1. Dari penjelasan beliau bahwa di dusun 1 terdapat 4 Rt yaitu Rt 01-04. Sedangkan Penghasilan warga disusun 1 ini meliputi perkebunan/pertanian (sawah, jagung dan tanaman bumbu masak seperti serai, kunyit), nelayan, dan Peternakan (sapi, kambing, babi).
Ketika tim berkunjung kerumah Rt, yang bisa dikunjungi hanya Rt 2 dan 3.
Setelah berkeliling kerumah warga dan Rt. Tim mendapatkan beberapa aset yaitu, tanaman serai(batang putih dan merah) ini bisa diolah menjadi minuman atau jus,  mebeler atau furnitur, bahan pembuatan bonsai, dan hasil nelayan.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts